Powered Sites

Submit Article For Everyone

Saat di dalam air jari kita Berkeriput, Ini fakta nya!

jari keriput

Kenapa saat kita renang atau mandi terlalu lama tangan kita keriput?

Kalian pastinya pernah mengalami tangan keriput, saat  setelah kita berenang, jari tangan dan kaki terkadang  berkeriput. Bukan hanya sekedar ketika  berenang saja, saat kita kehujanan dan  basah kuyup sehingga kita merasa kedinginan dan biasa nya ,jari jari pada kedua tangan kita akan  berkeriput. Lalu Apakah itu suatu kelainan?  Sudah di pastikan itu bukanlah suatu kelainan. Keriput nya  jari pada tangan serta kaki kita di dalam air itu adalah suatu hal yang memang wajar terjadi, Namun pertanyaan nya Mengapa hanya pada bagian jari tangan dan kaki saja yang mengalami hal keriputan? Kenapa pada bagian lain di badan kita tak di temui hal yang serupa

Saat jari jari pada  tangan dan kaki kita terendam ataupun terpapar air dalam jangka waktu yang lumayan lama, maka saat itu juga permukaan kulit kita pada bagian tersebut juga akan menyerap daya  air dari lingkungan nya sehingga kulit dapat mengembang. Hal tersebut  tidak terjadi di area kulit tubuh kita  yang lain, melainkan hanya terjadi pada jari tangan juga kaki. Alasan nya karena keunikan dari struktur pada kulit jari tangan juga kaki yang memang tidak di miliki oleh bagian pada tubuh yang lainnya.

mengapa jari bisa keriput?

Lapisan pada kulit daerah terluar dari organ tubuh manusia di sebut dengan lapisan epidermis. Di bagian tersebut  kulit mengandung protein yang juga disebut dengan zat keratin dan  berfungsi agar memperkuat struktur pada  kulit. Bagi sel keratin yang sudah mati ini juga menjadi bagian dari pada lapisan terluar di kulit. Ketika saat jari jari pada tangan ataupun kaki kita terendam ini lah, lapisan sel keratin yang mati tersebut akan menyerap air. Di karenakan Lapisan Sel keratin yang sudah mati itu taak memiliki lapisan tebal yang seragam(sama), sehingga suatu ketika jari pada tangan ataupun jari kaki tak lagi berada didalam air maka jari akan terlihat perbedaan pada struktur kulitnya yang jadi mengembang. Perbedaan itu lah yang biasa kita kenali sebagai kulit yang berkeriput.

hanya saja, ketika saraf yang berada di bawah jari mengalami suatu kerusakan, maka pada permukaannya kulit  jari tidak lagi dapat menyerap air. Sehingga dapat di katakan bahwa saat proses terjadinya kulit keriput di permukaan kulit jari pada tangan dan juga kaki akibatnya dari penyerapan cairan air tersebut terjadi, secara involunter ataupun juga  tidak terjadi sesuai kehendak. Namun,pada kenyataannya, terjadi nya peristiwa keriput  pada jari  tangan dan juga kaki tersebut terjadi di karenakan akibat dari pada suatu proses konstriksi atau yang disebut dengan  (penyempitan) pembuluh darah yang terletak di dalam struktur anatomi pada jari tangan dan juga kaki.
Lapisan sel keratin yang sudah mati paling tebal terdapat juga pada bagian jari tangan dan kaki di bandingkan dengan area kulit lainnya pada tubuh manusia. Itulah mengapa kulit yang keriput (saat terendam air) hanya ditemui pada bagian jari tangan dan kaki saja, tidak di bagian yang lain. Dalam keadaan normal, pada lapisan epidermis jari tangan dan kaki sebenarnya terdapat lapisan minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaseus yang disebut sebum. Saat jari tangan dan kaki terendam atau terpapar air dalam waktu lama, maka lapisan minyak tersebut akan hilang tersapu oleh air, itulah mengapa pada akhirnya air dapat terserap ke dalam struktur lapisan epidermis kulit jari. Kalau lapisan minyak belum tersapu, maka sulit bagi lapisan kulit untuk bisa menyerap air, karena terhalang oleh lapisan minyak.

Categories

Tags

gigi berlubang obat sakit gigi